cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
ISSN : 08528322     EISSN : 26148293     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal of Physical Education Arena is published by Department of Sports Science, Faculty of Sports Science State University of Malang (UM). The Indonesian Physical Education Arena is published twice a year in April and October containing articles of research and thought results in the field of Physical Education. First published in January 1990 with the name of "GELANGGANG" , renamed with the "JURNAL PENDIDIKAN JASMANI" in 2014, then renamed with "PENDIDIKAN JASMANI" in 2017 and last renamed with the "GELANGGANG PENDIDIKAN JASMANI INDONESIA" in 2018. Learning Domains in Physical Education includes learning plan, learning implementation and learning evaluation. Learning materials of Physical Education consits of 6 category namely: 1) Sports basic science, 2) Motor Activity, 3) Teaching methods and didactic, 4) Statictics and research method, 5) Management, and 6) Blended Learning.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2019): Vol 3. No. 2. Desember 2019" : 10 Documents clear
SURVEI SARANA DAN PRASARANA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI DI KABUPATEN PASURUAN Cahyati, Nunuk Nur; Hariyanto, Eko
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 3, No 2 (2019): Vol 3. No. 2. Desember 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (628.897 KB) | DOI: 10.17977/um040v3i2p111-120

Abstract

Hasil observasi awal diketahui bahwa sarana dan prasarana pendidikan jasmani dan kesehatan masih sangat minim dan tidak layak untuk dipakai  oleh setiap sekolah maka guru memberikan pembelajaran dengan sarana dan prasarana seadanya. Tujuan penelitain ini untuk mengetahui keadaan sarana dan prasarana pendidikan jasmani dan kesehatan. metode yang digunakan adalah metode survei. Hasil Penelitian menjunjukkan menunjukkan bahwa sarana dan prasarana senam dalam kategori E sedangkan untuk prasarananya dalam kategori E. Keadaan sarana dan permainan dalam kategori D sedangkan untuk prasarananya dalam kategori D.Untuk keadaan sarana atletik dalam kategori E sedangkan prasrananya dalam kategori E. Dapat disimpulkan bahwa sarana dan prasarana yang ada di Sekolah Dasar Negeri di Kabpuaten Pasuruan masih dalam kategori D.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CRICKET BERBASIS MOBILE LEARNING PADA TIM OLAHRAGA CRICKET UNIVERSITAS NEGERI MALANG Christianto, Johan; Dwiyogo, Wasis Djoko
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 3, No 2 (2019): Vol 3. No. 2. Desember 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.657 KB) | DOI: 10.17977/um040v3i2p168-174

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran olahraga cricket berbasis mobile learning. Metode yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini menggunakan pendekatan Research and Development dari Darmawan. Subjek yang digunakan adalah pemain dan anggota dari tim olahraga cricket Universitas Negeri Malang. Instrumen pengumpulan data berupa observasi, dan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa deskriptif persentase yang digunakan untuk mengolah data kualitatif dan kuantitatif. Pembelajaran cricket pada tim olahraga cricket Universitas Negeri Malang. Dengan hasil tersebut maka produk yang dikembangkan masuk data kriteria amat baik sehingga produk pengembangan media pembelajaran cricket berbasis mobile learning pada tim olahraga cricket Universitas Negeri Malang dapat digunakan pada proses pembelajaran dan latihan.
KINERJA GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN Sa’diah, Khalimatus; Winarno, Mashuri Eko
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 3, No 2 (2019): Vol 3. No. 2. Desember 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (354.038 KB) | DOI: 10.17977/um040v3i2p82-90

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran PJOK yang dilakukan di SMK Negeri 03 Malang. Rancangan penelitian adalah deskriptif kuantitatif kualitatif dengan metode observasi dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah 3 guru PJOK SMKN 03 Malang. Berdasarkan hasil penelitian pada tiga guru PJOK dapat disimpulkan kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMKN 03 Malang termasuk dalam kategori sangat baik.
PENGARUH PEMBELAJARAN METODE DRILL TERHADAP PENINGKKATAN HASIL BELAJAR LEMPAR BOLA SOFTBALL KELAS 7 SMP NEGERI 1 KOTA MALANG Pradana, Abimantrana Astari; Nurrochmah, Siti
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 3, No 2 (2019): Vol 3. No. 2. Desember 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (711.451 KB) | DOI: 10.17977/um040v3i2p121-129

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lempar bola softball akibat pembelajaran metode drill dinamis dan statis. Hasil analisis varian satu jalur dan LSD α 0,05 (Fhitung 13,0949 > Ftabel α 0,05 4,1708 dan  vs  1,60 > LSDα 0,05 0,01) ada perbedaan pengaruh pembelajaran metode drill dinamis dan statis terhadap peningkatan hasil belajar lempar bola softball. Pembelajaran drill dinamis lebih baik terhadap peningkatan hasil belajar lempar bola softball dibandingkan drill statis.
STUDI CROSS SECTIONAL ANTROPOMETRI ANAK USIA 7-12 TAHUN DATARAN RENDAH Anwar, Muhammad; Kurniawan, Ari Wibowo; Yudasmara, Dona Sandy
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 3, No 2 (2019): Vol 3. No. 2. Desember 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.109 KB) | DOI: 10.17977/um040v3i2p91-96

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan antropometri anak usia 7-12 tahun di dataran rendah Sekolah Dasar Negeri 1 Bantur. Rancangan penelitian menggunakan metode survey dengan menggunakan pendekatan Cross-Sectional Subjek penelitian sebanyak sampel penelitian sebanyak 130 siswa. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan format pengukuran antropometri Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan spss dan norma pengukuran antropometri. Dari hasil analisis data, Hasil yang diperoleh dari tes antropometri pada kelas 1 dan 2 memiliki signifikansi .488 > 0.05, kelas 2 dan 3 yaitu .001<0.005, kelas 3 dan 4 yaitu .022, kelas 4 dan 5 yaitu .102, dan kelas 5 dan 6 yaitu .749. Kesimpulan yang diperoleh yaitu tes antropometri anak mulai dari kelas 1 sampai 6 memiliki perbedaan dari segi peningkatan per kelas yang dilakukan saat berada di lingkungan sekolah.
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN KEBUGARAN JASMANI UNSUR KELINCAHAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DI SMA NEGERI 1 TUREN Firdaus, Rathomi Indra; Kurniawan, Ari Wibowo; Heynoek, Febrita paulina
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 3, No 2 (2019): Vol 3. No. 2. Desember 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (773.785 KB) | DOI: 10.17977/um040v3i2p130-143

Abstract

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan sebuah model pembelajaran materi kebugaran jasmani unsur kelincahan. Metode yang digunakan yaitu pendekatan Research and Development (R&D) yang dikembangan oleh Lee & Owen. Subjek uji coba kelompok kecil adalah 20 siswa, sedangkan subjek uji coba kelompok besar adalah 60 siswa. Hasil penelitian diperoleh data dari ahli pembelajaran sebesar 98%, ahli media sebesar 92%, ahli kebugaran jasmani sebesar 83%, ahli pengguna guru PJOK kelas X sebesar 79% dan kelas XI sebesar 83%, uji coba kelompok kecil kelas X sebesar 82% dan kelas XI sebesar 90%, uji coba kelompok besar kelas X sebesar 87% dan kelas XI sebesar 85%. Dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan ini layak digunakan.
MENINGKATKAN HEALTH-RELATED FITNESS MELALUI WATER FITNESS Sultoni, Kuston; Fitri, Mustika; Lestari, Indah Ayu Puji; Fadlillah, Nurul; Lestari, Chika; Risma, Risma
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 3, No 2 (2019): Vol 3. No. 2. Desember 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1005.377 KB) | DOI: 10.17977/um040v3i2p97-105

Abstract

Kebugaran kardiorespiratori merupakan bagian dari kebugaran jasmani secara menyeluruh yang memiliki peranan penting dalam keberlangsungan kinerja tubuh dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Water fitness sebagai salah satu aktivitas fisik yang memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan bentuk aktivitas fisik lainnya dianggap mampu meningkatkan kebugaran kardiorespiratori. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah water fitness mampu meningkatkan kebugaran kardiorespiratori. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian the randomized pretest-posttest control group design. Sampel berjumlah 20 orang berusia sekitar 20 tahunan. Sampel diberikan perlakuan sebanyak 3x dalam seminggu selama 6 minggu berdasarkan pedoman ACSM. Hasil penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh yang siginifikan dari hasil water aerobic dan aerobic dance dan tidak ada perbedaan efek yang signifikan antara water aerobic dan aerobic dance pada daya tahan otot.
Perbedaan Tingkat Kebugaran Jasmani dan Kecepatan Tendangan Antara Atlet Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Negeri Malang dan Universitas Brawijaya Amirudin, Rizal; Mu’arifin, Mu’arifin
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 3, No 2 (2019): Vol 3. No. 2. Desember 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (646.926 KB) | DOI: 10.17977/um040v3i2p144-155

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan multimedia interaktif latihan kekuatan menggunakan latihan beban untuk mengatasi masalah yang muncul dalam perkuliahan spesialisasi kondisi fisik dasar. Data dikumpulkan dengan menggunakan analisis kebutuhan menggunakan angket kepada 28 orang mahasiswa pendidikan kepelatihan olahraga. Hasil pengembangan produk multimedia interaktif latihan kekuatan pada matakuliah spesialisasi kondisi fisik dasar  diperoleh hasil sebagai berikut: hasil evaluasi ahli kepelatihan  87,33%, hasil evaluasi ahli media 81,82%,  hasil uji coba kelompok kecil 89,6% hasilnya baik, hasil uji coba kelompok besar 90,07% hasilnya sangat baik. Sehingga produk ini layak untuk digunakan.
PENGARUH LATIHAN KELINCAHAN S-RUN DAN Z-RUN TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KELINCAHAN PESERTA PUTRA EKSTRAKURIKULER BOLABASKET Sya’bani, Cahya Rifqi; Nurrochmah, Siti
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 3, No 2 (2019): Vol 3. No. 2. Desember 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (580.453 KB) | DOI: 10.17977/um040v3i2p106-110

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh latihan S-run terhadap peningkatan kelincahan untuk peserta putra ekstrakurikuler bolabasket SMA Negeri 1 Lawang, untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh latihan Z-run terhadap peningkatan kelincahan untuk peserta putra ekstrakurikuler bolabasket SMA Negeri 1 Lawang, untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara latihan S-run dan Z-run terhadap peningkatan kelincahan untuk peserta putra ekstrakurikuler bolabasket SMA Negeri 1 Lawang. Pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran menggunakan tes Illinois agility, dengan jumlah sampel 30 siswa. Pengolahan dan analisis data berupa statistika deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pada latihan S-Run terhadap peningkatan kelincahan untuk peserta putra ekstrakurikuler bolabasket SMA Negeri 1 Lawang.
PENGARUH LATIHAN PLYOMETRIC DEPTH JUMP DAN RIM JUMPS TERHADAP PENINGKATAN POWER OTOT TUNGKAI PESERTA PUTRA EKSTRAKURIKULER BOLABASKET SMP NEGERI 3 MALANG Tyas, Dearica Sunaryaning; Januarto, Oni Bagus; Fitriady, Gema
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 3, No 2 (2019): Vol 3. No. 2. Desember 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (696.277 KB) | DOI: 10.17977/um040v3i2p156-167

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh latihan plyometric depth jump, pengaruh latihan plyometric rim jumps, serta mengetahui perbedaan pengaruh latihan power otot tungkai antara latihan plyometric depth jump dan rim jumps pada peserta putra ekstrakurikuler bolabasket di SMP Negeri 3 Malang. Metode penelitian menggunakan The Static Group Pretest-Posttest Design. Total subjek dalam penelitian ini sebanyak 20 peserta tim putra ekstrakurikuler bolabasket. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan pengaruh pemberian program latihan plyometric depth jump dan plyometric rim jumps terhadap peningkatan power otot tungkai peserta tim putra ekstrakurikuler bolabasket SMP Negeri 3 Malang, serta dari kedua pemberian program latihan tersebut program latihan plyometric depth jump lebih baik dalam upaya peningkatan power otot tungkai peserta tim putra ekstrakuerikuler bolabasket SMP Negeri 3 Malang.

Page 1 of 1 | Total Record : 10